Pencanangan Desa/Kelurahan Siaga Sehat Jiwa (DSSJ) Tingkat Kabupaten Banyumas

Pencanangan Desa/Kelurahan Siaga Sehat Jiwa (DSSJ) Tingkat Kabupaten Banyumas

Ajibarang-Dihadiri oleh Forkompinda, para Kepala OPD, para Direktur Rumah Sakit, para Kajur/Kaprodi Keperawatan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, Ketua BAZNAS Kabupaten Banyumas, para Camat, Forkompincam Ajiabarang, para Kepala Desa dan kader kesehatan, kegiatan Pencanangan Desa/Kelurahan Siaga Sehat Jiwa (DSSJ) Tingkat Kabupaten Banyumas berjalan lancar. Acara diselenggarakan di Gelanggang Olah Raga SMA Negeri 1 Ajibarang pada Rabu (24/4).

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat; Srie Yono, SH., M.Si yang membacakan sambutan Bupati Banyumas menegaskan perlunya kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dunia usaha dan akademisi dalam menyelesaikan permasalahan kesehatan jiwa. “Dengan masih tingginya permasalahan kesehatan jiwa ini, sudah sepatutnya menjadi perhatian kita semua, tidak saja pemerintah, tetapi juga masyarakat, dunia usaha dan akademisi. Kita harus bersama-sama, nyengkuyung lan regeng bareng berupaya memberikan pelayanan kesehatan jiwa secara paripurna mencakup upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif,”  tegasnya. 

Kepala Dinas Kesehatan; Sadiyanto, SKM., M.Kes juga menekankan dalam laporannya bahwa melalui kegiatan ini diharapkan dapat mendorong desa dan kelurahan membentuk DSSJ untuk mewujudkan Banyumas Sehat Jiwa. “Pencanangan DSSJ sebagai promosi untuk upaya pencegahan dan pengendalian kesehatan jiwa yang lebih masif agar Kecamatan dan Desa/Kelurahan yang belum membentuk bisa lebih memahami dan terdorong untuk ikut membentuk DSSJ, menuju Kabupaten Banyumas Sehat Jiwa.”

DSSJ sebagai upaya nyata pelayanan kesehatan jiwa berbasis masyarakat adalah desa/kelurahan yang penduduknya didesain untuk memiliki kesadaran, kemampuan dan kemauan untuk mengatasi masalah kesehatan jiwa secara mandiri. DSSJ mendorong keluarga dan masyarakat berperan aktif dalam upaya pencegahan dan pengendalian masalah kesehatan jiwa masyarakat. Dengan DSSJ, kelompok masyarakat yang sehat dijaga agar tetap sehat; kelompok berisiko diupayakan menjadi sehat; dan kelompok sakit diupayakan mendapatkan pelayanan kesehatan sehingga menjadi mandiri dan produktif.

Kegiatan pencanangan ini juga menghadirkan dr. Okto Prihermes, Sp.KJ sebagai narasumber yang menyampaikan materi Penanganan Gangguan Jiwa di Masyarakat. Testimoni juga disampaikan oleh pelaksana program kesehatan jiwa Puskesmas Kembaran I bersama pasien. Diakhir acara, dilakukan penyerahan Surat Keputusan Bupati Banyumas tentang Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (SK TPKJM) kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas serta pemberian piagam penghargaan bagi 18 desa/kelurahan yang sudah membentuk DSSJ di Kabupaten Banyumas.(ach_2019)

Related Posts

Komentar