Evaluasi Kesehatan Bayi dan Balita Tingkat Kabupaten Banyumas Tahun 2019 Menuju Generasi BerkualitasBebas Stunting

Evaluasi Kesehatan Bayi dan Balita Tingkat Kabupaten Banyumas Tahun 2019 Menuju Generasi BerkualitasBebas Stunting

Dalam Rangka Menyiapkan Generasi Indonesia yang sehat, Kuat dan Produktif dan Hari Kesehatan Nasional ke 55, Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas menyelenggarakan evaluasi  bayi dan Balita Sehat Tingkat Kabupaten dengan Tema  Menyiapkan Generasi Berkualitas Bebas Stunting untuk kategori 6 – 24 Bulan dan 2 – 5 Th. Peserta terdiri dari perwakilan Puskesmas yang ada di Kabupaten Banyumas.

            Kegiatan ini dilakukan untuk memotivasi orang tua dengan tujuan mempersiapkan anak yang sehat, kuat dan produktif, meningkatkan pengetahuan orang tua dalam tumbuh kembang balita, memperhatikan kesejahteraan keluarga serta meningkatkan kesadaran dan kemandirian masyarakat.

Kriteria Penilaian tidak hanya penilaian fisik dan berat badan saja, tetapi juga psikis, perkembangan, pengetahuan orang tua, pola pengasuhan, lingkungan rumah dan sekitarnya, sehingga Metode Penilaian Evaluasi Kesehatan Bayi Balita Tingkat Kabupaten Banyumas Tahun 2018 Melalui beberapa tahapan, yaitu :

  • Seleksi Administrasi
  • Penilaian secara langsung terhadap balita dan ibu balita
  • Melakukan kunjungan langsung ke rumah bayi dan balita.terhadap 3 besar Seleksi Administrasi dimulai pada awal bulan Juni 2019, dan Penilaian secara langsung bayi dan balita dilaksanakan pada tanggal 20 Juni 2019, dilanjutkan dengan kunjungan secara langsung ke rumah bayi dan balita yang masuk nominasi 3 besar.

Tim Penilai pada kegiatan Evaluasi Kesehatan Bayi Balita Tingkat Kabupaten Banyumas Tahun 2018 berasal dari PDUI, PDGI, HIMPSI, PERSAGI, IBI, PPNI, DPPKBP3A, PKK, IAKMI dan HAKLI.

Adapun Pemenang nya dalah :

Kategori umur 6 – 24 Bulan

JUARA I         :NIDZOM YUSUF

                        (  PuskesmasPurwokerto Barat)

JUARA II        :AZYUMA AZRA KALIMBUTAN WARDANA

                        ( PuskesmasRawalo )

JUARA III       : KANAYA ALTAFUNNISA ISWANJI

                        (PuskesmasPekuncen)

Kategori umur 2 – 5 Tahun

JUARA I         : ALVINO JIMMY PRADANA

                       ( Puskesmas Kedung Banteng )

JUARA II        : NAURA AURELLIA PINKA         

                       ( Puskesmas I Baturaden )

JUARA III       : DEVANO HAIDAR ALKHALIFI

                       (Puskesmas II Tambak)

Pemenang Pertama akan mewakili Kabupaten Banyumas maju di Tk Propinsi Jawa Tengah. Sebagai penghargaan diberikan Piala, Pagam dan hadiah yang akan diberikan secara langsung oleh Bupati Banyumas saat upacara Hari Kesehatan Nasional.

Related Posts

Komentar