WORKSHOP APLIKASI SISDMK BAGI UOBK DAN UPT DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2024

Image

Purwokerto (MR,04/06/2024) - Pembangunan di bidang kesehatan mengarah kepada upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan bagi masyarakat yang optimal. Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan program kegiatan yang meneruskan agenda Milenium Develompent Goals (MDGs) untuk periode waktu tahun 2016-2030 sekaligus menindaklanjuti program MDGs yang belum selesai. Agenda SDGs yang telah disepakati terdapat 17 tujuan dan 169 target yang harus tercapai pada tahun 2030. Tujuan dari SDGs adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dimana salah satu yang harus disiapkan adalah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Kesehatan agar dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sesuai standar.

Program Sumber Daya Manusia Kesehatan sebagai salah satu Program Prioritas Kementerian Kesehatan memberikan fokus penting pada pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia kesehatan guna menjamin ketersediaan, pendistribusian, dan peningkatan kualitas mutu sumber daya manusia (SDM) kesehatan. Pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia kesehatan meliputi perencanaan kebutuhan SDM kesehatan, pengadaan yang meliputi pendidikan dan pelatihan SDM kesehatan, pendayagunaan SDM kesehatan, termasuk peningkatan kesejahteraannya, dan pembinaan serta pengawasan mutu SDM kesehatan. Sasaran akan dicapai adalah Meningkatnya Ketersediaan dan Mutu Sumber Daya Manusia Kesehatan sesuai dengan Standar Pelayanan Kesehatan.

Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas mempunyai sasaran kegiatan meningkatkan Dukungan Manajemen dan Pelaksanaan Tugas Teknis lainnya pada Program Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan, dengan salah satu indikatornya adalah jumlah dokumen data dan informasi program pengembangan dan pemberdayaan SDM kesehatan. Yang dimaksud dengan dokumen data dan informasi program pengembangan dan pemberdayaan SDM kesehatan adalah dokumen yang memuat deskripsi pelaksanaan program pengembangan dan pemberdayaan SDM kesehatan yang meliputi perencanaan, pengadaan, pendayagunaan dan pembinaan mutu SDM Kesehatan yang didukung dengan data dan informasi yang lengkap, akurat dan terkini atau Profil SDM Kesehatan wilayah terkait dengan pengembangan dan pemberdayaan SDM Kesehatan.

Hasil rekonsiliasi data SDMK di wilayah kabupaten/kota dan provinsi akan menjadi masukan (input) terhadap pemutakhiran data SDM Kesehatan secara nasional yang disimpan dalam Bank Data SDMK Nasional dan dipublikasikan melalui website Kementerian Kesehatan. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan informasi dan perkembangan cakupan pendataan SDM Kesehatan yang tidak hanya kepada Rumah Sakit dan Puskesmas akan tetapi kepada Fasilitas Pelayanan Kesehatan lainnya seperti Klinik Pratama, Klinik Utama, Praktek tenaga kesehatan mandiri, Apotek dan sebagainya, diperlukan penguatan dalam pengelolaan Data dan Informasi SDM Kesehatan melalui Sistem Informasi SDM Kesehatan.

Dalam sambutannya, beliau sekretaris Dinas kesehatan Kabupaten Banyumas dr.Caturyuni,Muliatsih,MM. menyampaikan bahwa regulasi dari Kementerian Kesehatan saat ini sangat dinamis dan transformasi di bidang kesehatan Kemenkes RI ada 6 (enam) pilar dimana pilar kelima adalah transformasi di bidang Sumber Daya Manusia Kesehatan dan pilar keenam adalah transformasi teknologi kesehatan. Perkembangan Aplikasi berkaitan dengan SDM Kesehatan dari Kementerian Kesehatan terus berkembang sehingga diperlukan pembaharuan informasi dalam pengelolaan Aplikasi tersebut meliputi SATU SEHAT SDMK dan SISDMK. Setiap SDMK harus memiliki akun SatunSehat SDMK untuk bisa melakukan memperbarui data diri, keprofesian, pekerjaan, kontak darurat dan data pendukung. Pembaharuan yang sudah dilakukan oleh SDMK di Akun satu sehat SDMK akan di validasi oleh Admin SISDMK Faskes tempat SDMK bekerja. Menindaklnajuti hal ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas mengadakan kegiatan Workshop Pengelolaan Aplikasi SISDMK dan SATU SEHAT SDMK pada UOBK dan UPT di Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas. Semoga dengan dilaksanakannya workshop ini akan meningkatkan kapasitas pengelola data dalam pemanfataan Aplikasi SISDMK pada UOBK dan UPT di Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas.

Selengkapnya download disini.

.

Komentar