BANYUMAS MERAIH PENGHARGAAN UNIVERSAL HEALTH COVERAGE (UHC)

Image

Banyumas kembali meraih penghargaan melalui acara penyerahan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) bertempat di The Krakatau Grand Ballroom, Jl. Taman Mini Indonesia Indah Pintu 1, Cipayung, Kota Jakarta Timur, Kamis (8/8/2024). Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi bagi kolaborasi yang solid antara BPJS Kesehatan, Kementerian/Lembaga, dan Pemerintah Daerah dalam memberikan perlindungan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Universal Health Coverage (UHC) merupakan konsep pembangunan kesehatan global yang memastikan setiap individu memiliki akses pelayanan kesehatan yang adil, komprehensif, dan bermutu tanpa adanya hambatan finansial. Di Indonesia, UHC ini diwujudkan melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Pada 2024 ini, kepesertaan JKN yang ditargetkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020–2024 sedikitnya sebesar 98 persen dari total populasi.

Kabupaten Banyumas sudah mencapai UHC perdana di Bulan Februari 2024 dengan capaian sebesar 95,57% (target UHC Bulan Februari minimal 95%) dan non cut off pendaftaran penduduk menjadi peserta JKN-KIS PBPU dan BP Pemda Kabupaten Banyumas sudah bisa aktif maksimal 2x24 jam. Sampai dengan saat ini, capaian kepesertaan Kabupaten Banyumas sebesar 98,45% dari 1.857.211 jiwa penduduk yang artinya sebanyak 1.828.423 jiwa penduduk di Kabupaten Banyumas sudah terlindungi dengan jaminan kesehatan ketika membutuhkan pelayanan kesehatan.

selengkapnya download disini

 

.

Komentar