PERAN KESJAOR DALAM KEJUARAAN TARKAM KEMENPORA RI DAN SENAM KEBUGARAN BERSAMA MENUJU INDONESIA BUGAR TAHUN 2045 DI KABUPATEN BANYUMAS

Image

Tarkam, sebuah istilah yang belum begitu populer di kalangan masyarakat luas. Tarkam sendiri adalah singkatan dari “Antar Kampung” . Selanjutnya Tarkam atau antar kampung ini memiliki definisi : Suatu pertandingan olahraga tingkat amatir  di Indonesia yang biasanya berlangsung di kampung-kampung.

Tarkam dilaunching oleh Kemenpora RI (Menpora RI) Bapak Dito Ariotedjo di Hotel Grand Sahid Jaya, Tanah Abang, Jakarta, pada tanggal 9 Agustus 2023. Ditandai dengan dibukanya perlombaan  Tarkam di 50 Kota/ Kabupaten di seluruh Indonesia.

Pada Tahun 2024, Kabupaten Banyumas terpilih menjadi salah satu Kabupaten dalam  pelaksanaan Kejuaraan Antar Kampung (Tarkam) Kemenpora RI Tahun 2024. Kejuaraan ini merupakan program unggulan dan prioritas Kemenpora dalam rangka membudayakan olahraga di masyarakat, sebagaimana diatur dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Lantas apa hubungannya Tarkam dengan Kesjaor Dinas Kesehatan?  Perlu diketahui bahwa pada Dinas Kesehatan ada program yang namanya Kesjaor (Kesehatan Kerja dan Olahraga). Program Kesjaor berada di bawah seksi Kesling Kesjaor Bidang Kesmas (Kesehatan Masyarakat) Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas.

Program Kesjaor menitikberatkan kepada Kebugaran Jasmani. Kebugaran jasmani ini merupakan faktor yang sangat penting untuk terus ditingkatkan. Jika merujuk pada hasil pengukuran tingkat kebugaran masyarakat atau Indeks Pembangunan Olahraga (IPO)/Sport Development Indeks (SDI) yang dilakukan Kemenpora melalui Asisten Deputi Olahraga Masyarakat. Dimana angka rata-rata kebugaran masyarakat masih sangat rendah. Rendahnya angka kebugaran masyarakat ini tentunya tidak jauh berbeda dengan data yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan yang melakukan pengukuran dengan menggunakan Aplikasi SIPGAR.

selengkapnya download disini

.

Komentar